Peran Sosial Media Untuk Komunitas

Nama                                     : Dwiki Krisnanda Wardy
NIM                                        : 1705552045
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Matakuliah                              : Aplikasi Sosial Media
Dosen                                     : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.


Hi sobat, saya akan mengulas tentang peran sosial media untuk komunitas. Sebuah komunitas merupakan bentuk kreativitas dalam menunjang hobi dan ketertarikan kita, dengan komunitas kita dapat menyalurkan ilmu kita dan juga belajar dengan orang yang lebih berpengalaman. Disinilah pentingnya sebuah komunitas, tidak hanya sekedar kumpul-kumpul saja namun juga mampu memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat.
Komunitas juga dapat dibangun pada sosial media oleh kesamaan pengguna sosial media tertentu. Selain itu juga bisa akibat kesamaan strategi pemakaian sosial media untuk satu atau beberapa tujuan tertentu, contoh:
  1. Komunitas Marketing internet di LINE
  2. Komunitas Kaskus Region Bali
  3. Komunitas Grup Ayo Belajar Linux di Facebook
Sebagai contoh pada saat saya duduk di bangku SMP dan SMA saya mengikuti komunitas di Kaskus yaitu komunitas Kaskus Regional Bali, nah disana tidak hanya untuk sekedar ikut untuk kumpul - kumpul tetapi juga untuk menambah wawasan dan menambah pengalaman. Banyak sekali hal yang saya dapatkan disana. Saya sempat mengikuti 2 kali event Kaskus Cendolin Indonesia bersama Kaskus Regional Bali, di event itu saya mendapatkan pengalaman yang sangat berarti seperti lebih mengerti makna berbagi kesesama dan juga makna kekeluargaan.
Dalam membentuk suatu komunitas, suatu konsep perancangan dan pemeliharaan suatu komunitas merupakan hal yang sangat penting sehingga komunitas tersebut menjadi komunitas yang baik. Kali ini saya akan memberikan beberapa langkah membangun komunitas di sosial media.

  • 5 Langkah Membangun Komunitas di Sosial media :
  1. Manfaatkan tagar atau Hastag (#)
  2. Aktif langsung di dalam komunitas, hargai mereka yang terlibat di dalamnya.
  3. Undang kontributor/Donatur/Sponsor yang biasanya berupa Merk atau Brand.
  4. Libatkan komunitas di dalam kegiatan langsung di masyarakat dan publikasikan.
  5. Memberi inspirasi dan semangat
Jadi itulah ulasan yang bisa saya sampaikan pada post kali ini, sampai jumpa di post berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA
Materi Kuliah Pertemuan Ketiga Tentang Sosial Media dan Komunitas oleh Dosen I Putu Agus Eka Pratama, ST.,MT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fitur - Fitur Sosial Media

Landscape Sosial Media

Cara Instalasi Wordpress Pada Linux Manjaro