Cyberspace
Nama : Dwiki Krisnanda Wardy
NIM : 1705552045
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Matakuliah : Aplikasi Sosial Media
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
Hi sobat TI, kali ini saya akan mengulas tentang Cyberspace, dan hubungan Cyberspace dengan sosial media.
NIM : 1705552045
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi / Teknik / Universitas Udayana
Matakuliah : Aplikasi Sosial Media
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT.
Hi sobat TI, kali ini saya akan mengulas tentang Cyberspace, dan hubungan Cyberspace dengan sosial media.
- Pengertian Cyberspace
Kata Cyberspace jika di urai berasal dari kata Cybernetics dan Space. Cyberspace merupakan ruang dimana tempat terjadinya hubungan atau interaksi seseorang dengan orang lain melalui internet atau yang biasa disebut dengan dunia maya. Ada beberapa definisi Cyberspace, diantaranya :
- Media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi satu arah maupun timbal balik secara online (terhubung secara langsung), di mana arti dari definisi ini adalah pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contohnya : chating online dan video call.
- Integrasi dari berbagai peralatan teknologi komputer dan jaringan computer (sensor, tranduser, koneksi, transmisi, prosesor, signal, pengontrol) yang dapat menghubungkan peralatan komputer (komputer, telepon genggam, instrumentasi elektronik, dan lain-lain) yang tersebar di seluruh penjuru dunia secara interaktif. Maksud dari definisi ini adalah sebuah sistem yang mengalami pembauran hingga menjadi suatu kesatuan yang utuh dimana di dalam sistem komputer ini terdapat jaringan komputer yang dapat menghubungkan peralatan komputer ke seluruh penjuru dunia secara interaktif.
- Suatu Imaginary Location (tempat aktivitas elektronik dilakukan) dan juga menjadi sebuah massy virtual yang terbentuk melalui dua hal yaitu komunikasi yang terjalin dalam sebuah jaringan komputer (interconnected computer networks) dan interaksi, komunikasi, pertukaran data/file/dokumen, transaksi ekonomi, kebijakan, dll, seperti halnya di dunia nyata. Maksud dari definisi ini adalah jaringan global yang menghubungkan komputer yang satu dengan lainnya diseluruh dunia. Dengan Internet, komputer dapat saling terhubung untuk berkomunikasi, berbagi dan memperoleh informasi. Dengan begitu maraknya informasi dan kegiatan di Internet, menjadikan Internet seakan-akan sebagai tempat atau wadah yang tidak memiliki batas.
- Klasifikasi Cyberspace
Ada 2 klasifikasi Cyberspace, yaitu :
- Cognitive Information Cyberspace (CIC) di dalamnya terdapat Information Cyberspace (IC). Information Cyberspace (IC) berguna untuk menyampaikan dan menyediakan segala bentuk informasi di dunia maya. Contoh dari CIC adalah blog dan forum. Di dalam blog dan forum kita dapat mencari dan mendapatkan informasi apa yang kita inginkan, contohnya mencari informasi informasi di forum Kaskus.
- Cognitive Communication Cyberspace (CCC) di dalamnya terdapat Communication Cyberspace (CC). Communication Cyberspace (CC) sebagai media komunikasi dalam media massa. Contoh dari CCC adalah LINE, Whatsapp, dan media komunikasi lainnya. Dengan berkomunikasi menggunakan aplikasi tersebut kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berjarak jauh dengan kita.
- Cyberspace dan Sosial Media
Hubungan Cyberspace dengan sosial media adalah menghubungkan manusia/”user” dengan komputer/perangkat penghubung lainnya, dan manusia dengan data dan informasi serta komputer/perangkat penghubung lainnya dengan data dan informasi. Contohnya dalam berbagai bidang seperti :
- Bidang Ekonomi, Contohnya : Melalui aplikasi atau website E-commerce seperti Lazada, Tokopedia dan OLX dimana memungkinkan antara penjual dan pembeli berinteraksi untuk melakukan transaksi tanpa harus bertemu langsung.
- Bidang Pendidikan, Contohnya : Melalui situs situs belajar online seperti Zenius dan Quipper kita bisa belajar kapanpun dimanapun tanpa harus berinteraksi langsung dengan pengajar.
- Bidang Pariwisata, Contohnya : Situs Tripadvisor dimana seseorang bisa saling memberikan informasi atau ulasan terkait suatu tempat pariwisata.
- Bidang Kuliner, Contohnya : Aplikasi atau website Zomato dimana fungsinya tidak jauh beda dengan Tripadvisor tetapi aplikasi atau website ini membahas tentang kuliner.
- Bidang Kesenian dan Budaya, Contohnya : Melalui forum Kaskus para pengguna bisa saling berinteraksi atau saling berbagi informasi tentang kesenian dan budaya di daerah mereka atau juga kesenian dan budaya yang ingin mereka tahu atau sukai.
DAFTAR PUSTAKA
Materi Kuliah Pertemuan Keempat Tentang Cyberspace oleh Dosen I Putu Agus Eka Pratama, ST.,MT.
Komentar
Posting Komentar